Kelebihan dan Kekurangan Gamer

          Jika anda adalah gamer anda berhak mengetahui hal berikut ini>
                                                     
 Berikut adalah artilel mengenai kelebihan dan kekurangan seorang gamer>



Permainan animatif saat ini semakin banyak digemari semua kalangan di saat mengisi kekosongan waktu luang. Saat jam istirahat kantor, liburan, santai di rumah, perjalanan dan waktu-waktu lainnya. Bagi sebagian orang bermain game sudah seperti kebutuhan bahkan kecanduan. Bermain game yang baik menurut ahli kesehatan tidak lebih dari 5 kali dalam semingguadalam waktu maksimal 2 jam saja setiap sesinya.


Segala sesuatu yang dilakukan berlebihan tentu akan berakibat tidak baik, jadi ketika bermain game sebaiknya menghabiskan waktu yang sewajarnya saja, tidak lebih dari 2 jam. Biasanya ketika akan bermain game Anda harus direpotkan dengan instalasi game yang rumit di komputer. Kini hal tersebut tidak perlu dilakukan lagi oleh pengguna karena Anda bisa memilih game langsung main tanpa harus repot mengunduh dan menginstall.

Game langsung main tersedia dalam banyak pilihan, game berbasis browser tanpa instalasi ini tersedia dalam beragam pilihan mulai dari mewarnai, perang, sport, arcade, permainan puzzle, hingga permainan khusus untuk anak perempuan dan khusus untuk anak laki-laki.
Keunggulan bermain game langsung main
  • Tidak perlu melakukan instalasi, pengembang game menciptakan gamenya tidak lagi merepotkan pemainnya. Inilah kemudahan game berbasis browser.
  • Banyak pilihan, tersedia beragam pilihan game tanpa harus memenuhi memori di dalam harddisk.
  • Tidak membosankan, karena banyak pilihannya ketika bosan dan kalah dengan satu jenis game Anda bisa memainkan game lainnya tanpa perlu repot lagi. Anda tinggal pilih di dalam web browser, kemudian klik yang mau dimainkan.
Kelemahan bermain game
  • Karena berbasis browser internet, Anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk koneksi internet.
  • Koneksi internet merupakan prioritas utama, sehingga jaringan koneksi yang cepat akan mencukupi akses jenis game online ini.
  • Display grafis yang lumayan minim, permainan ini pada intinya ditujukan untuk permainan sebagai hiburan semata, bukan kualitas grafis yang diutamakan, yang penting tampilan tidak buruk dan menarik untuk dilihat. Berbeda dengan game berbasis sistem operaso, yang hasil tampilannya sangat memukau dan luar biasa seperti game Need for Speed, MotoGP dan sebagainya. Game besar seperti ini memang membutuhkan grafis yang sangat baik untuk hasil gambar yang detial dan optimal.
  • Loading berat, loading awalnya saja yang agak terasa berat jika Anda menggunakan jaringan internet super tidak akan menjadi masalah. Tetapi ketika untuk selanjutnya loading tidak akan menjadi masalah.
Itulah sekilas tentang sekelumit kekurangan dan kelebihan game online. Sekarang, Plimbi akan mencoba mengupas apa saja sisi baik dan buruk bermain game. Mari kita ulas sisi positifnya. Menurut dr. Irzan Nurmana bermain game bisa menimbulkan rasa empati, post-traumatic, belajar tentang hal baru, manajemen penglihatan, resep nyeri, melatih imajinasi, sinkronisasi mata dan tangan.
7 hal tersebut yang di sampaikan oleh pakar kesehatan ternyata bisa masuk akal juga jika dikaitkan dengan kegiatan sehari-hari, misalnya:
  • Rasa Empati, terkadang seorang pemain akan membela mati-matian hingga titik darah penghabisan untuk membuat tokoh pilihannya menang. Segenap cara dilakukan untuk bisa menumpas musuhnya yang dihadapi dalam game tersebut, jika si pemain bisa mengimplementasikan empatinya tadi di dunia nyata bisa jadi dia akan membantu semua orang yang butuh pertolongan hingga menang seperti game tersebut.
  • Paska traumatik, seseorang yang mengalami depresi berat dalam kehidupan nyatanya, jika dia asyik dan hanyut dalam permainan online, masalahnya akan terlupakan.
  • Belajar hal baru, Anda ingin bagaimana rasanya mengemudikan pesawat jumbo sekelas Boeing 747, Airbus, Pesawat tempur F-16, Super car yang tercepat sekalipun? Anda tidak perlu keluar ongkos jutaan dollar untuk membelinya atau kursus berbulan-bulan untuk sekedar rasa ingin menjadi pilot. Atau Anda ingin merasakan menggunakan senjata api mulai dari yang jaman PD I sampai senjata api modern? Anda tinggal mencoba semuanya secara gratis hanya dengan memilih game yang tepat atau biasa disebut dengan game simulator.
  • Melatih penglihatan, mata Anda yang mengantuk ketika bermain game akan dipaksa untuk membelalakkan mata, waspada dari serangan tembakan musuh, atau ketika bermain game Super Speed di sirkuit yang mengharuskan Anda untuk terus melihat setiap tikungan jalan.
  • Terapi nyeri, ketika asyik akan lupa sakit yang dideritanya. Nyeri akan dikalahkan oleh konsentrasi penuh.
  • Melatih sinkronisasi tangan-mata, ketika mata melihat ada musuh, jemari tangan tanpa dipikir terlebih dahulu langsung menarik pelatuk. Atau, ketika melaju kencang melihat tikugan dengan cekatan langsung menginjak rem kemudian mengambil ancang-ancang untuk berbelok.
Selain keuntungan ada juga sisi buruk bermain game, yaitu boros waktu, boros tenaga, tidak kreatif, lebih egois, boros uang, membuat diri menjadi adiktif, gangguan kesehatan, pemborosan usia, dan masih banyak sisi negatif lainnya. Itu semua tergantung Anda semua menilai dari sisi baik atau buruknya. Pada intinya, gunakan fasilitas game online yang interaktif sesuai batas kewajaran dan tidak berlebihan. Bila Anda sebagai orang tua perhatikan waktu dan game yang dimainkan oleh putra-putri Anda di rumah. [TR]

No comments